Wednesday, January 16, 2019

Macam-macam Error pada website beserta penjelasannya

Pernakah anda ketika mengunjungi suatu website kemudian pada suatu muncul pesan error? pesan error tersebut ada yang 404,403 dll,  setiap pesan error tersebut memiliki alasan yang berbeda beda.

Pada postingan kali ini kita akan membahas hal tersebut

408 - Request Timeout

Pesan tersebut muncul dikarenakan timer atau waktu untuk mengakses situs telah habis dan juga permintaan yang dikirim ke website server telah memakan waktu terlalu lama dari kesiapan waktu tunggu pada website server.Hal tersebut disebabkan kecepatan akses internet yang cukup lambat,dan server memiliki timer atau batas waktu tertentu dalam pengaksesan data dalam database-nya, sehingga apabila melebihi waktu yang telah ditentukan maka akan muncul pesan 408 - request timeout. 

404 - Not Found

Pesan tersebut muncul disebabkan karena

1.Penulisan alamat url yang salah

2.Halaman tersebut tidak ada pada website

3.Halam tersebut telah dihapus atau dipindahkan  dari website


403 - Forbidden

Maksudnya adalah anda tidak mempuyai izin untuk mengakses halaman tersebut.Pesan tersebut muncul  disebabkan, Pertama karena halaman tersebut tidak dapat diakses karena telah diatur oleh pemilik website,kedua pemilik server web salah dalam mengatur izin akses halaman. 

400 - Bad Request

Penyebab error kali ini adalah karena kesalahan script coding pada sisi website sehingga mesin pencari tidak bisa memberikan request sehingga membuat munculnya pesan tersebut.   

406 : Not Acceptable

Penyebab munculnya pesan tersebut karena client mencoba memasukkan karakter yang dilarang oleh website.

401 - Unauthorized

Pesan kesalahan tersebut muncul dikarenakan user tidak memiliki hak otoritas untuk mengkases halaman tersebut,untuk mengakses halaman tersebut biasanya diberi pengaman seperti diperlukannya memasukkan user dan password sehingga user dapat mengakses halaman tersebut.

500 - Internal Server Error

Pesan error tersebut muncul dikarenakan masalah internar server website,sehingga client tidak dapat mengakses halaman tersebut.Masalah ini hanya dapat diselesaikan oleh pihak administrator website.
      

    



    

Related Posts

Macam-macam Error pada website beserta penjelasannya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.