Sunday, December 30, 2018

Pengertia. Fungsi dan cara mengetahui MAC Address

 Pada Postingan sebelumnya kita telah membahasa apa itu IP Address, bagi yang belum membacanya bisa baca Apa itu IP Address. Sekarang kita akan mmebahas MAC Address yang tentu memiliki hubungan dengan IP Address.
 Pengertian MAC Address- MAC Address adalah singkatan dari               Media Acces Conrol Address. MAC Address adalah nomor identifikasi perangkat keras yang yang secara unik mengidentifikasi setiap perangkat di jaringan atau biasa disebut physical address.
Sumber hackmethod.com
 MAC Address biasanya ditetapkan oleh produsen NIC (Network Interface Controller) dan disimpan di perangkat keras.NIC adalah kartu sirkuit komputer yang memungkinkan komputer terhubung ke jaringan.

Alamat MAC dibentuk sesuai dengan aturan tiga ruang nama penomoran, yang dikelola oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE). Formatnya adalah enam set dua digit atau karakter, dipisahkan oleh tanda hubung. Contoh alamat MAC adalah 02-00-4C-4F-4F-50.

Kode unik pada MAC Address pada beberapa kartu jaringan tidak dapat dirubah,namun pada sebagian kita dapat merubahnya.

Namun apabila dalam sebuah jaringan teradapat dua MAC Address yang sama maka akan terjadi conflict dan komputer tersebut tidak akan bisa berkomunikasi 

Fungsi MAC Address

MAC Address berfungsi untuk mengidentifikasi setiap perangkat keras jaringan komputer sehingga bisa berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain 

Cara Mengetahui MAC Address melalui CMD

1.Tekan Ctrl + R
  
2.Ketik CMD lalu Enter

 


     3.ketik " ipconfig /all" tidak pakai tanda petik














    4.Tanda warna kuning adalah MAC Address anda


    Related Posts

    Pengertia. Fungsi dan cara mengetahui MAC Address
    4/ 5
    Oleh

    Subscribe via email

    Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.