Thursday, January 31, 2019

Pengertian,Tujuan,macam-macam dan bahaya Phising

Phising adalah kejahatan dunia maya dalam bentuk penipuan dimana si penyerang menyamar sebagai suatu perusahaan,entitas,lembaga yang berwenang atau orang yang memiliki repuatasi baik di email atau saluran komunikasi lainnya.Penyerang menggunakan email,telepon,pesan teks,atau website untuk memikat korban agar memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan seperti informasi pribadi,rincian kartu kredit dan perbankan maupun password.

Tujuan:
1.Mendapatkan informasi pribadi korban.
2.Mengambil informasi kartu kredit.
3.Mengambil password pada sebuah akun.

Contoh Phising:

1.Phising Menggunakan Email

Phising menggunakan email yaitu dengan cara penyerang mengirimkam email yang berisi penipuan,si pengirim biasanya mengaku sebagai pihak yang terercaya atau sah agar si korban dapat lebih percaya.
 
sumber https://liquidfriday.co.uk
 2.Phising melalui situs web

Phising melalui situs web biasanya si penyerang menyamakan tampilan pada situs aslinya agar dikira situs tersebut memang asli.



3.Phising aplikasi

Pada jenis serangan ini si penyerang menggunakan aplikasi yang didalamnya sudah ditanami kode berbahaya,jika korban memberikan informasi di app tersebut otomatis informasi tersebut juga akan dikirim kepada penyerang.
sumber : https://www.welivesecurity.com
4.Phising telepon

Pada jenis serangan ini penyerang akan berpura pura sebagai lembaga terpercaya seperti bank ataupun perusahaan lainnya yang bertujuan untuk menipu si korban agar memberikan informasi yang diinginkan.  



Terima Kasih

Related Posts

Pengertian,Tujuan,macam-macam dan bahaya Phising
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

2 comments

Tulis comments
avatar
March 6, 2019 at 6:04 PM

Wah tambah wawasan nih. Artikelnya sangat bermanfaat Gan. Makasih

Monggo singgah di www.abdulmajid.id

Reply